Kamis, 30 Maret 2017

Cara Menginstall Windows 10

Berikut adalah langkah-langkah cara menginstall windows 10 :

  1. Pertama-tama, baca dan pelajari dulu sebelum langsung mencoba.
  2. Jika sudah maka siapkan CD Installer windows 10 atau buat bootable usb drives.
  3. Untuk membuat bootable usb drives, colok flashdisk kamu ke PC/laptop lalu jalankan software Rufus.
  4. Pilih drive flashdisk kamu lalu select juga file ISO Windows 10 yang telah didownload.
  5. Pilih menu start dan tunggu hingga selesai. Jika sudah, close rufusnya dan jangan dicabut flashdisknya.
  6. Silahkan restart PC/Laptop kamu lalu jika sudah memulai start, tekan hotkey untuk masuk ke dalam sistem BIOS. Hotkey tersebut bisa kamu perhatikan di bagian pojok kanan bawah PC/Laptop kamu. Secara default, hotkey untuk memasuki BIOS ada bermacam-macam mulai dari F2 , F4, F10, F8, F12 dan DEL tergantung dari merk PC masing-masing. Usahakan agak cepat menekannya agar proses ini tidak terlewatkan. Jika terlambat, silahkan ulang restart kembali. Untuk proses ini pastikan flashdisk kamu dalam keadaan tercolok.

  7. Selanjutnya, jika sudah berhasil memasuki BIOS pasti kamu akan menjumpai tampilan yang berwarna biru-biru. Lalu, masuk ke tab Boot dan cari boot options/boot order. Setting boot order kamu agar pilihan Removeable Disk (jika tidak ada, cari saja nama merk flashdisk kamu contoh : Kingston atau yang lain) kamu bisa berada paling atas. Disusul oleh Harddisk/HardDrive (atau merk harddisk kamu contoh : Hitachi) dipilihan kedua.
  8. Jika sudah tersusun seperti itu, lakukan save and exit dengan tombol F4 atau F10 (tergantung dari merk BIOSnya) silahkan baca aturan key-nya disebelah pojok kanan bawah.
  9. Setelah proses save selesai, maka PC kamu akan kembali restart. Namun, yang akan kamu jumpai setelah ini adalah logo installer Windows 10. Ini artinya proses menginstall windows 10 sudah dimulai.
  10. Sampai disini, pilih bahasa yang mau kamu gunakan. Selebihnya biarkan saja. Lalu klik install now.

  11. Nah sekarang kamu akan dihadapkan dengan input serial number. Masukan serial number yang kamu punya, kalau tidak ada skip saja, nanti windows akan masuk mode trial.
  12. Selanjutnya ada 2 pilihan installasi. Pilih saja costum, dan kamu akan menuju pengaturan partisi. Untuk sesi ini harap diperhatikan baik-baik. Buat 2 Partisi baru.

  13. Proses instalasi sedang berlangsung. Proses ini akan memakan waktu hingga sekitar 20-30 menit.
  14. Jika sudah, pc kamu akan otomatis melakukan restart. Saat melakukan proses restart dan sudah muncul logo merk PC/laptop kamu langsung cabut flashdisknya atau proses instalasi akan kembali diulang.
  15. Tunggu proses restart (waktu tergantung PC/Laptop kamu), jika sudah maka akan kembali otomatis restart kembali.
  16. Lalu akan diarahkan ke menu settings. Pilih tombol Use Express Settings agar lebih mudah. Tunggu sebentar hingga proses automatic settings selesai. Ini akan memakan waktu cukup lama.
  17. Selanjutnya, ada lagi pertanyaan “Who owns this PC?” Pilih i own it jika itu PC/Laptop pribadi/keluarga kamu, kalau punya kantor pilih yang pilihan pertama.

  18. Sekarang, kamu akan diminta login dengan microsoft account. Login saja atau buat dulu kalau mau dengan pilihan create one!, jika tidak di skip saja.
  19. Di bagian Create User Accounts, isikan nama kamu dan juga password.

  20. Tunggu loadingnya cukup lama, lalu kamu akan diarahkan ke Desktop Windows 10.

  21. Selesai !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar